cari yang ingin kamu baca

Kamis, 15 Desember 2011

Konflik dan Integrasi Sosial

DAMPAK DARI KONFLIK

A. Dampak positif Yang ditimbulkan dari konflik
1. Meningkatkan solidaritas sesame anggota kelompok (lu-group) yang mengalami konflik dengan kelompok lain.
Di dalam sebuah masyarakat yang mengalami disintegrasi, konflik yang terjadi di dalam masyarakat tersebut akan mengembalikan tingkat integrasi masyarakat terseebut. Itulah sebabnya ahli propaganda akan berusaha menciptakan musuh bersama untuk menyatukan masyrakat/para pengikutnya yang terpecah-pecah.
2. Membantu menghidupkan kembali norma-norma lama dan menciptakan norma-norma baru. Dan dapat memungkinkan adanya penyesuaian kembali norma-norma dan nilai-nilai serta hubungan sosial dalam kelompok yang bersangkutan sesuai dengan kebutuhan individu atau kelompok.
3. Dampak memperjelas aspek-aspek kehidupan yang belum jelas atau belum tuntas. Melalui konflik, masing-masing pihak menjadi semakin yakin akan posisi lawannya. Mereka juga semakin memahami posisi dan batasan di antara mereka. Konflik akan menumbuhkan kesadaran mengenai siapa diri mereka sehingga dapat meningkatkan perhatian masyarakat terhadap hal yang dipersengketakan dengan konflik.
4. Konflik dapat mengubah keseimbangan kekuasaan antara kelompok dominan dan kelompok minoritas. Meningkatnya kekuasaan kelompok minoritas mendorong kelompok dominan untuk mendiskusikan berbagai hal yang berkenaan dengan kepentingan bersama.

B. Dampak negative yang ditimbulkan dari konflik
1. Terjadi keretakan hubungan antar kelompok karena anggotanya sehingga berselisih. Contoh: konflik yang terjadi dalam satu rombel jurusan yang saling berbeda pendapat.
2. Dapat terjadinya perubahan kepribadian individu.
Ketika terjadi pertentangan antar kelompok, menyebabkan seseorang akan bertahan atau merasa tertekan sehingga dengan situasi konflik tersebut dapat mempengaruhi kepribadian individu.
Contoh : adanya rasa benci dan saling curiga akibat yang dilakukan penjjah di Indonesia (perang).
3. Kerusakan harta benda dan hilangnya nyawa manusia.
4. Dominasi bahkan penaklukan salah satu pihak yang terlibat dalam konflik sehingga menyebabkan salah satu pihak tunduk terhadap pihak yang kuat.

2 komentar:

  1. materinya oke banget besok tambah lagi yaa
    tampilannya sederhana banget....

    tambah dikit fariasinya yaa

    BalasHapus
  2. oke mas galih...
    thank u yahhh
    ayo share bareng2 kalo mauu...
    heee

    BalasHapus