cari yang ingin kamu baca

Jumat, 06 Januari 2012

RPP Sosiologi kelas X/2 bag.3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

1.IDENTITAS NAMA SEKOLAH
Nama sekolah             : SMA Negeri 1 Timbangreja
Mata Pelajaran            : Sosiologi
Kelas                           : X
Semester                      : 2
Tahun Pelajaran           : 2010/2011
Jumlah Pertemuan        : 3 x Pertemuan (6 x 45 menit)
2. STANDAR KOMPETENSI
2. Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian

3. KOMPETENSI DASAR
2.2 Mendeskripsikan terjadinya perilaku menyimpang dan sikap-sikap antti sosial

4. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
• Mengidentifikasikan faktor-faktor terjadinya perilaku menyimpang
• Menjelaskan teori-teori perilaku menyimpang
• Menjelaskan fungsi lembaga pengendalian sosial

5. TUJUAN PEMBELAJARAN
• Melalui kegiatan diskusi dan dialog interaktif, siswa mampu mendeskripsikan faktor-faktor penyebab perilaku menyimpang
• Melalui kegiatan diskusi dan dialog interaktir, siswa mampu mendeskripsikan teori-teori terjadinya perilaku menyimpang.
• Melalui kegiatan diskusi dan dialog interaktir, siswa mampu mendeskripsikan fungsi lembaga pengendalian sosial

6. MATERI AJAR
• Proses sosialisasi dan pembentukan kepribadian

7. ALOKASI WAKTU
3 kali pertemuan (4 x 45 menit)

8. MODEL/PENDEKATAN/METODE PEMBELAJARAN
Model Pembelajaran
Konstruktivisme, cooperative learning
Metode Pembelajaran
• Ceramah interaktif
• Diskusi kelompok kecil
• Penugasan
• Tanya jawab
Pendekatan Pembelajaran
Pemahaman konsep dan ekspositori

9.KEGIATAN PEMBELAJARAN
 Kegiatan Pembelajaran          
1.         TATAP  MUKA
Kegiatan  awal  (pendahuluan)
Appersepsi
- Meminta peserta didik untuk mengingat kembali pengertian istilah “perilaku menyimpang yang  telah dibahas pada pembelajaran sebelumnya
- Mengkaitkan hasil brainstorming dengan materi yang akandisampaikan pada hari itu
2.         Kegiatan inti :
Eksplorasi
- Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang faktor-faktor perilaku menyimpang diselingi tanya jawab
- Digunakan teknik problem solving untuk menjelaskan faktor-faktor perilaku menyimpang
- Memberi materi untuk dikaji secara perorangan  :
1. Faktor-faktor perilaku menyimpang
2. Teori Labeling
3. Teori Sosialisasi
4. Teori Biologis
Elaborasi 
-  Siswa mengkaji teori-teori perilaku menyimpang dari buku paket
-  Dua orang  siswa ditunjuk sebagai moderator dan sekretaris yang akan mengatur jalannya dialog
-  Siswa dipimpin moderator mulai membicarakan hasil pengkajian pustaka
-  Satu dan lainnya saling melengkapi
- Moderator bersama sekretaris melakukan penyimpulan terhadap dialog tsb, guru mendampingi dan melengkap
Konfirmasi
-  Guru memberi konfirmasi terhadap jalannya diskusi
-  Refleksi dilakukan dengan membandingkan teori labeling dan teori anomi
-  Memotivasi siswa yang belum aktif selama diskusi berlangsung
3.         Kegiatan  Penutup :
Evaluasi/Tanya jawab
Disampaikan saat kegiatan penutup
Penugasan terstruktur
Membuat ringkasan tentang teori-teori perilaku menyimpang dari buku

Kegiatan Pembelajaran          
1.         TATAP  MUKAKegiatan  awal  (pendahuluan)
Appersepsi
- Meminta peserta didik untuk mengingat kembali tentang teori labeling, biologi dan sosilisasi yang dibahas pada pembelajaran sebelumnya
- Mengkaitkan hasil brainstorming dengan materi yang akan disampaikan pada hari itu
2.         Kegiatan inti :
Eksplorasi
- Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang  teori-teori perilaku menyimpang diselingi tanya jawab
- Digunakan teknik ceramah untuk menjelaskan tentang teori-teori perilaku menyimpang
- Memberi materi untuk dikaji secara perorangan  :
1. Teori Konflik
2. Teori Ketegangan
3. Teori Anomi
4. Teori Agama
5. Teori Fungsi
Elaborasi 
-  Siswa berdiskusi tentang teori-teori perilaku menyimpang dari buku paket.
-  Dua orang  siswa ditunjuk sebagai moderator dan sekretaris yang akan mengatur jalannya dialog
-  Siswa dipimpin moderator mulai membicarakan hasil pengkajian pustaka
-  Satu dan lainnya saling melengkapi
- Moderator bersama sekretaris melakukan penyimpulan terhadap dialog tsb, guru mendampingi dan melengkapi
Konfirmasi
-  Guru memberi konfirmasi terhadap jalannya diskusi
-  Refleksi dilakukan dengan membandingkan teori perilaku menyimpang yang satu dengan yang lainnya.
-  Memotivasi siswa yang belum aktif selama diskusi berlangsung
3.         Kegiatan  Penutup :
Evaluasi/Tanya jawab
Penenangan / Pendinginan
Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membaca materi pada pertemuan selanjutnya

Mengerjakan Latihan Soal dari LKS Kresna hal 36 – 37

Kegiatan Pembelajaran          
1.         TATAP  MUKAKegiatan  awal  (pendahuluan)
Appersepsi
- Meminta peserta didik untuk mengingat kembali tentang teori-teori perilaku menyimpang yang dibahas pada pembelajaran sebelumnya
- Mengkaitkan hasil brainstorming dengan materi yang akan disampaikan pada hari itu
2.         Kegiatan inti :
Eksplorasi
- Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang  lembaga pengendalian sosial diselingi tanya jawab
- Digunakan teknik ceramah untuk menjelaskan lembaga pengendalian sosial
- Memberi materi untuk dikaji secara perorangan  :
1. Pengertian lembaga pengendalian sosial
2. Cara pengendalian sosial
3. Jenis-jenis lembaga pengendalian sosial
4. Fungsi pengendalian sosial
5. Disfungsi lembaga pengendalian sosial
Elaborasi 
-  Siswa berdiskusi tentang Lembaga kepolisian dan Pengadilan sebagai lembaga pengendalian sosial dari berbagai sumber.
-  Dua orang  siswa ditunjuk sebagai moderator dan sekretaris yang akan mengatur jalannya dialog
-  Siswa dipimpin moderator mulai membicarakan hasil pengkajian pustaka
-  Satu dan lainnya saling melengkapi
- Moderator bersama sekretaris melakukan penyimpulan terhadap dialog tsb, guru mendampingi dan melengkapi
Konfirmasi
-  Guru memberi konfirmasi terhadap jalannya diskusi
-  Refleksi dilakukan dengan menyebutkan kembali fungsi lembaga pengendalian sosial.
-  Memotivasi siswa yang belum aktif selama diskusi berlangsung
3.         Kegiatan  Penutup :
Evaluasi/Tanya jawab
Penenangan / Pendinginan
Mengerjakan Latihan Soal dari LKS Kresna hal 48 – 51
Membuat  laporan tentang  perilaku meyimpang dilingkungan siswa dan solusinya
11.SUMBER/BAHAN
- Sosiologi untuk SMA Kelas X, Saptono, dkk.
- Pengantar Sosiologi Soerjono Soekanto
- Film perilaku menyimpang
- Internet  / Koran
 Timbangreja, 13 Desember 2011
Kepala Sekolah,                                                                      Guru Mata Pelajaran


Drs. Totok Rochana,  MA             Mujibatul Latifah, S.Pd                                                                                                                      NIM. (3401409009)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar