RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
1.IDENTITAS NAMA SEKOLAH
Nama sekolah : SMA Negeri 1 Timbangreja
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas : X
Semester : 2
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Jumlah Pertemuan : 3 x Pertemuan (6 x 45 menit)
2. STANDAR KOMPETENSI
2. Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian
3. KOMPETENSI DASAR
2.2 Mendeskripsikan terjadinya perilaku menyimpang dan sikap-sikap antti sosial
4. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
• Mengidentifikasikan faktor-faktor terjadinya perilaku menyimpang
• Menjelaskan teori-teori perilaku menyimpang
• Menjelaskan fungsi lembaga pengendalian sosial
5. TUJUAN PEMBELAJARAN
• Melalui kegiatan diskusi dan dialog interaktif, siswa mampu mendeskripsikan faktor-faktor penyebab perilaku menyimpang
• Melalui kegiatan diskusi dan dialog interaktir, siswa mampu mendeskripsikan teori-teori terjadinya perilaku menyimpang.
• Melalui kegiatan diskusi dan dialog interaktir, siswa mampu mendeskripsikan fungsi lembaga pengendalian sosial
6. MATERI AJAR
• Proses sosialisasi dan pembentukan kepribadian
7. ALOKASI WAKTU
3 kali pertemuan (4 x 45 menit)
8. MODEL/PENDEKATAN/METODE PEMBELAJARAN
Model Pembelajaran
Konstruktivisme, cooperative learning
Metode Pembelajaran
• Ceramah interaktif
• Diskusi kelompok kecil
• Penugasan
• Tanya jawab
Pendekatan Pembelajaran
Pemahaman konsep dan ekspositori
9.KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. TATAP MUKA
Kegiatan awal (pendahuluan)
Appersepsi
- Meminta peserta didik untuk mengingat kembali pengertian istilah “perilaku menyimpang yang telah dibahas pada pembelajaran sebelumnya
- Mengkaitkan hasil brainstorming dengan materi yang akandisampaikan pada hari itu
2. Kegiatan inti :
Eksplorasi
- Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang faktor-faktor perilaku menyimpang diselingi tanya jawab
- Digunakan teknik problem solving untuk menjelaskan faktor-faktor perilaku menyimpang
- Memberi materi untuk dikaji secara perorangan :
1. Faktor-faktor perilaku menyimpang
2. Teori Labeling
3. Teori Sosialisasi
4. Teori Biologis
Elaborasi
- Siswa mengkaji teori-teori perilaku menyimpang dari buku paket
- Dua orang siswa ditunjuk sebagai moderator dan sekretaris yang akan mengatur jalannya dialog
- Siswa dipimpin moderator mulai membicarakan hasil pengkajian pustaka
- Satu dan lainnya saling melengkapi
- Moderator bersama sekretaris melakukan penyimpulan terhadap dialog tsb, guru mendampingi dan melengkap
Konfirmasi
- Guru memberi konfirmasi terhadap jalannya diskusi
- Refleksi dilakukan dengan membandingkan teori labeling dan teori anomi
- Memotivasi siswa yang belum aktif selama diskusi berlangsung
3. Kegiatan Penutup :
Evaluasi/Tanya jawab
Disampaikan saat kegiatan penutup
Penugasan terstruktur
Membuat ringkasan tentang teori-teori perilaku menyimpang dari buku
Kegiatan Pembelajaran
1. TATAP MUKAKegiatan awal (pendahuluan)
Appersepsi
- Meminta peserta didik untuk mengingat kembali tentang teori labeling, biologi dan sosilisasi yang dibahas pada pembelajaran sebelumnya
- Mengkaitkan hasil brainstorming dengan materi yang akan disampaikan pada hari itu
2. Kegiatan inti :
Eksplorasi
- Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang teori-teori perilaku menyimpang diselingi tanya jawab
- Digunakan teknik ceramah untuk menjelaskan tentang teori-teori perilaku menyimpang
- Memberi materi untuk dikaji secara perorangan :
1. Teori Konflik
2. Teori Ketegangan
3. Teori Anomi
4. Teori Agama
5. Teori Fungsi
Elaborasi
- Siswa berdiskusi tentang teori-teori perilaku menyimpang dari buku paket.
- Dua orang siswa ditunjuk sebagai moderator dan sekretaris yang akan mengatur jalannya dialog
- Siswa dipimpin moderator mulai membicarakan hasil pengkajian pustaka
- Satu dan lainnya saling melengkapi
- Moderator bersama sekretaris melakukan penyimpulan terhadap dialog tsb, guru mendampingi dan melengkapi
Konfirmasi
- Guru memberi konfirmasi terhadap jalannya diskusi
- Refleksi dilakukan dengan membandingkan teori perilaku menyimpang yang satu dengan yang lainnya.
- Memotivasi siswa yang belum aktif selama diskusi berlangsung
3. Kegiatan Penutup :
Evaluasi/Tanya jawab
Penenangan / Pendinginan
Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membaca materi pada pertemuan selanjutnya
Mengerjakan Latihan Soal dari LKS Kresna hal 36 – 37
Kegiatan Pembelajaran
1. TATAP MUKAKegiatan awal (pendahuluan)
Appersepsi
- Meminta peserta didik untuk mengingat kembali tentang teori-teori perilaku menyimpang yang dibahas pada pembelajaran sebelumnya
- Mengkaitkan hasil brainstorming dengan materi yang akan disampaikan pada hari itu
2. Kegiatan inti :
Eksplorasi
- Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang lembaga pengendalian sosial diselingi tanya jawab
- Digunakan teknik ceramah untuk menjelaskan lembaga pengendalian sosial
- Memberi materi untuk dikaji secara perorangan :
1. Pengertian lembaga pengendalian sosial
2. Cara pengendalian sosial
3. Jenis-jenis lembaga pengendalian sosial
4. Fungsi pengendalian sosial
5. Disfungsi lembaga pengendalian sosial
Elaborasi
- Siswa berdiskusi tentang Lembaga kepolisian dan Pengadilan sebagai lembaga pengendalian sosial dari berbagai sumber.
- Dua orang siswa ditunjuk sebagai moderator dan sekretaris yang akan mengatur jalannya dialog
- Siswa dipimpin moderator mulai membicarakan hasil pengkajian pustaka
- Satu dan lainnya saling melengkapi
- Moderator bersama sekretaris melakukan penyimpulan terhadap dialog tsb, guru mendampingi dan melengkapi
Konfirmasi
- Guru memberi konfirmasi terhadap jalannya diskusi
- Refleksi dilakukan dengan menyebutkan kembali fungsi lembaga pengendalian sosial.
- Memotivasi siswa yang belum aktif selama diskusi berlangsung
3. Kegiatan Penutup :
Evaluasi/Tanya jawab
Penenangan / Pendinginan
Mengerjakan Latihan Soal dari LKS Kresna hal 48 – 51
Membuat laporan tentang perilaku meyimpang dilingkungan siswa dan solusinya
11.SUMBER/BAHAN
- Sosiologi untuk SMA Kelas X, Saptono, dkk.
- Pengantar Sosiologi Soerjono Soekanto
- Film perilaku menyimpang
- Internet / Koran
Timbangreja, 13 Desember 2011
Timbangreja, 13 Desember 2011
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran
Drs. Totok Rochana, MA Mujibatul Latifah, S.Pd NIM. (3401409009)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar