cari yang ingin kamu baca

Jumat, 06 Januari 2012

RPP Sosiologi kelas X/2 Bag. 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan      : SMA Negeri 1 Timbangreja
Mata Pelajaran            : Sosiologi
Kelas                           : X
Semester                      : 2
Tahun Pelajaran           : 2010/2011
Jumlah Petemuan        : 3 X pertemuan

A.    Standar Kompetensi: Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian.
B.     Kompetensi Dasar       : Menerapkan aturan-aturan sosial dalam kehidupan bermasyarakat.
C.    Indikator :
1.      Mengidentifikasi jenis-jenis lembaga pengendalian sosial
2.      Mendeskripsikan berbagai cara pengendalian sosial
3.      Mendeskripsikan akibat tidak berfungsinya lembaga social
4.      Mendefinisikan aturan-aturan sosial dalam kehidupan masyarakat.
D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.         Mengidentifikasi jenis-jenis lembaga pengendalian sosial
2.         mendeskripsikan cara pengendalian sosial
3.         Mendeskripsikan akibat tidak berfungsinya lembaga social
4.         memberikan opini atau ulasan tentang akibat tidak berfungsinya lembaga pengendalian sosial.
E.     Materi Pembelajaran
1.      Hakikat Pengendalian Sosial
2.      Cara Pengendalian Sosial
3.      Peran Lembaga Formal dan Informal dalam Pengendalian Sosial
F.     Alokasi Waktu : 6 x 45 menit ( 3 x Pertemuan)
G.    Model Pembelajaran : Mind Mapping
H.    Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan I
a.      Pendahuluan
1)      Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran, mengumpulkan tugas, dan absensi.
Menanyakan tentang beberapa hal yang berhubungan dengan penyimpangan sosial.
2)      Memotivasi
Guru memberi penjelasan tentang tujuan mempelajari pengendalian sosial.
Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai.
3)      Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran, mengumpulkan tugas, dan absensi.
Menanyakan tentang beberapa hal yang berhubungan dengan penyimpangan sosial.
4)      Memotivasi
Guru memberi penjelasan tentang tujuan mempelajari pengendalian sosial.
Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai.
b.      Kegiatan Inti
1)      Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengendalian sosial dan cara-cara pengendalian sosial.
2)      Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan kasus seorang pencopet yang dikeroyok massa.
3)      Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru bertugas menjadi pemandu diskusi kelas.
4)      Siswa mengerjakan tugas Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 142 dan 147
5)      Guru membuat kesimpulan dari hasil diskusi siswa.
c.       Kegiatan Akhir
1)      Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman tentang hakikat dan cara-cara pengendalian sosial dan siswa mencatat beberapa hal yang penting tentang pengendalian sosial.
2)      Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap hasil diskusi dan tugas pribadi.
3)      Penugasan
Guru memberi tugas kepada siswa untuk membuat tulisan atau seleberan yang verisi ajakan untuk mengatasi masalah-masalah sosial
2.      Pertemuan II
a.       Pendahuluan
1)      Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran, dan menanyakan cara-cara pengendalian sosial.
2)      Memotivasi
Guru menjelaskan tujuan mempelajari agen-agen pengendalian sosial di dalam masyarakat.
b.      Kegiatan Inti
1)         Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang agen-agen pengendalian sosial dalam masyarakat.
2)         Siswa membacakan tugas untuk mencatat beberapa agen pengendalian sosial di dalam masyarakat.
3)         Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan kasus yang didapat di dalam surat kabar, majalah, atau di dalam buku halaman 149.
4)         Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru menjadi pemandu diskusi secara klasikal.
5)         Siswa dan guru membuat kesimpulan dari hasil diskusi kelompok.
6)         Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” pada buku halaman 149. Kemudian mengumpulkannya kepada guru untuk dinilai.
c.       Kegiatan Akhir
1)      Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman agen-agen pengendalian sosial dalam masyarakat.
2)      Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap hasil diskusi dan tugas pribadi.
3)      Penugasan
Guru memberi tugas kepada siswa untuk mewawancarai pengurur RT atau RW tentang aturan-aturan yang ada dalam masyarakat sebagai bagian dari pengendalian sosial.
3.      Pertemuan III
a.       Pendahuluan
1)      Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk ulangan blok
2)      Memotivasi
Guru menjelaskan tujuan mengadakan ulangan blok
b.      Kegiatan Inti
1)      Siswa mendapatkan lembaran soal yang dibagikan oleh guru.
2)      Siswa mengerjakan soal yang telah dibagikan oleh guru.
3)      Siswa mengumpulkan hasilnya jika telah selesai dikerjakan.
c.       Kegiatan Akhir
1)      Refleksi
Siswa dan guru menjawab bersama-sama soal-soal yang telah dikerjakan.
2)      Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap hasil ulangan siswa
3)      Penugasan
Guru memberi tugas kepada siswa untuk mempelajari lagi materi tentang pengendalian sosial.
I.       Metode pembelajaran :
1. Informasi
2. kerja mandiri
3. eksplorasi
4. Diskusi
J.      Media Pembelajaran:
Gambar-gambar yang relevan terkaitt dengan pengendalian sosial.
K.    Sumber pembelajaran:
1)      Buku Sosiologi SMA kelas 1 ERLANGGA halaman 140-153
2)      Peraturan perundang-undangan
3)      Keluarga, masyarakat, dan sekolah.
4)      Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
L.     Penilaian
1)      Mengerjakan latihan Uji Penguasaan Materi halaman 142, 1147, dan 149 ( Jumlah nilai dari setiap uji penguasaan materi digabung lalu dibagi 3)
2)      Penilaian Tugas halaman 147.
          
           Semarang, 13 Desember 2011
Kepala Sekolah,                                                                      Guru Mata Pelajaran


Drs. Totok Rochana,  MA                                                    Mujibatul Latifah, S.Pd
                                                                                                NIM. (3401409009)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar